Para Pelamar CPNS Kini Bisa Langsung Tahu Hasilnya


Para Pelamar CPNS Kini Bisa Langsung Tahu Hasilnya - Gebrakan dalam birokrasi kini kembali dilakukan oleh pemerintah. Bagi para pelamar calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan menggunakan sistem berbasis komputer alias Computer Assisted Test (CAT) bisa langsung mengetahui hasil tes yang diikuti. Mantap kan?

Tentunya, para pelamar ini yang telah melamar di instansi-instansi pemerintah pusat dan daerah. Demikian disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno pagi ini Senin 16 September 2013.

"Metode CAT yang dikembangkan BKN dan Lembar Jawaban Komputer (LJK) mempunyai karakter dan keunggulan masing-masing. Salah satu keunggulan CAT adalah para peserta tes langsung mengetahui skor/nilainya masing-masing setelah selesai mengerjakan tes," tuturnya.

Dijelaskan Eko, CAT sendiri digagas dan dikembangkan untuk mencegah adanya praktek Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) dalam penerimaan CPNS di instansi-instansi pemerintah. Baik menggunakan CAT ataupun LJK, yang utama adalah pelaksanaan tes berlangsung dengan transparan, obyektif, akuntabel, dan tanpa KKN.

Disampaikannya, tercatat 70 instansi pemerintah yang akan berkoordinasi dengan BKN untuk melaksanakan Tes Kemampuan Dasar (TKD yang akan menggunakan CAT. Instansi tersebut terdiri dari 49 Kementerian/Lembaga, delapan Pemerintah Provinsi, dan 13 Pemerintah Kabupaten/Kota.

Terkait penerimaan pegawai, BKN menjalin kerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) guna menyediakan, menyusun, dan melakukan validasi soal untuk TKD dalam penerimaan CPNS tahun ini. (Setkab.go.id)

[ source ]

Post a Comment