CARA MENGAKALI PAKET INTERNET BULANAN TRI YANG TELAH HABIS KUOTA

       Berawal dari kebetulan semata, ketika kuota paket internet tri sudah habis, koneksi jadi lemot banget, sampe-sampe kebangetan. Akhirnya sempet beberapa hari berpaling ke operator lain pake paket harian aja. Tapi di pikir-pikir sayang juga tuh paket sebulan 3 ga kepake, iseng-iseng coba aja OnLine di ruang tamu sambil ngopi. Betapa kagetnya, ternyata modemku ZTE yang programnya JOIN AIR, dapet sinyal HSDPA kembali, kan kalo 3 mah kalo kuota udah abis sinyal modem berubah jadi UMTS. Coba konek di ruang lain dan ternyata tidak kunjung juga HSDPA, padahal ruang lain itu hanya berjarak 3 meter dari ruang tamu dan posisi masih di dalam rumah juga.

  •  Kesimpulan pertama: Ternyata posisi tempat kita meletakkan modem (mungkin, sesuai pengalaman pribadi) berpengaruh juga. Settingan modem di pilih automatic, biar otomatis milih sinyal. Biarkan konek, dan tunggu sampai sinyal berubah dengan sendirinya menjadi HSDPA. Berdasarkan pengalaman saya, setelah dapat sinyal HSDPA, perhatikan gerak-gerik anda, karena apabila laptop/modem di geser sinyal kembali berubah. 


       Selang beberapa lama, cara pertama di atas tidak membuahkan hasil. Sudah pindah kesana-sini, ke dalam rumah, juga ke luar rumah namun tetap saja UMTS. Tanpa mengetahui teori apa-apa sebelumnya dan di tambah dengan sedikit rasa jengkel saya connect dan disconnect saja terus menerus itu modem. Kemudian saya rubah settingan sinyal menjadi EDGE, kemudian saya connec. Selang beberapa detik dengan cepat saya disconnect kemudian merubah settingan menjadi UMTS/HSDPA, ketika terjadi peralihan sinyal dari EDGE ke UMTS/HSDPA indikator sinyal di program modem akan mencari sinya UMTS/HSDPA dan sebelum mendapatkannya modem seolah-olah tidak mendapatkan sinyal. Nah, di saat itulah, saya connectkan modem saya. Lampu indikator modem sudah kelap-kelip tanda sudak connect namun indikator sinyal masih unknow, namun apa yang muncul di indikator sinyal sangat menyenangkan hati saya, HSDPA!

  • Kesimpulan kedua : Connect modem anda dengan settingan sinyal EDGE/Autimatic saja, setelah connect diamkan beberapa lama, kemudian disconnect dan rubah settingan sinyal menjadi UMTS/HSDPA Only, kemudian dengan cepat anda connect modem anda ketika masa peralihan sinyal itu dari EDGE ke UMTS/HSDPA. Kalau yg muncul masih UMTS, dicconnect kembali modem anda dan rubah settingan ke EDGE kembali, setelah sinyal berubah ke EDGE, rubah kembali menjadi UMTS/HSDPA Only lagi dan dengan cepat connectkan modem. Lakukan hal itu berulang-ulang sampai dapat HSDPA. Ya memang merepotkan, tapi itu lah pengalaman saya dan seringkali berhasil :) , swer!!!


       Hari berganti hari, cara yang saya beri istilah "nyetut" ( :D ) sinyal, pertama dan kedua juga selama beberapa minggu yang lalu agak susah dapetin sinyal HSDPA. Akhirnya saya coba googling aja, kali aja nemu trik baru, nah saat itu saya mulai kenal dengan istilah "KODOKIN MODEM". Baca-baca caranya donwnload programnya, trus di coba dan ternyata hasilnya ga memuaskan. Trus kepikiran, pake cara kedua di atas tapi dengan program kodok yang saya download itu. Perbedaannya dengan program kodok itu kita ga perlu disconnect modem untuk mengganti settingan sinyal. Tinggal pilih sinyal yg mau kita gunakan dan klik Apply. Saya lakukan cara kedua di atas dengan program kodok tersebut, saya ganti-ganti sinyalnya dan kondisi modem masih connect. Ketika saya connect dengan menggunkan sinyal 3G, alangkah senangnya hati ku, ternyata yang tampil di indikator sinyal program kodok tersebut berubah juga dari 3G (kalo di join air UMTS) berubah menjadi HSDPA. Lalu saya coba Browsing dan Download ternyata speednya sama seperti kuota kita masih ada :D . Oia, nama programnya MDMA10030C, ga tau pokonya begitu namanya.

  • Kesimpulan ketiga : Download programnya di sini dan kemudian ikuti langkah-langkah di atas untuk singkatnya. Dan menurut pengalaman saya cara ketiga ini lebih ampuh, mungkin karena ketika kita merubah-ubah settingan sinyal keadaan modem masih connect. Berdasarkan yang saya baca program kodok tersebut dan tekniknya hanya bisa digunakan dengan modem yang berprogram JOIN AIR.


       Ya, wallahu alam :) tapi begitu adanya pengalaman saya. Kalo kalian coba dan hasilnya tidak memuaskan atau tidak seperti yang saya alami ya wallahu alam. Saya juga ga bisa ngejelasin sebabnya/alasannya. Semuanya berdasarkan pengalaman pribadi. Makasih yah!

Assalamualaikum!!! ;)

Post a Comment